Jakarta – Peredaran berita bohong ataupun hoax kembali terjadi. Kali ini isu berita palsu yang beredar berkata kalau app pesan instan WhatsApp akan memperkenalkan fitur di mana penggunanya dapat tahu kalau percakapannya di-screenshot.
Kabar bohong ini bermula saat sebuah website bernama 8shit memberitakan bahwa WhatsApp mulai 5 Februari 2017 akan kedatangan fitur yang dapat membuat penggunanya tahu apabila ada aktivitas screenshot yang melibatkan antara percakapan si pemakai. Kabar bohong ini bahkan juga melibatkan CEO WhatsApp sendiri, Jan Koum.

“Setelah beberapa tahun, saya akhirnya mencapai keputusan untuk segera menghadirkannya. Fungsi ini sederhana, kayak centang biru, Kamu akan mempunyai pilihan untuk mengaktifkannya secara default. Kalau sudah tercentang, Kamu akan diberi notifikasi kalau seseorang sudah men-screenshot percakapan Kamu, begitupula sebaliknya,” kata Koum di website itu.

Tetapi kabar itu faktanya hanyalah hoax belaka. Soalnya dilansir detikINET dari Hoax-Alert, Jumat (27/1/2017), website 8shit ini sendiri memang website banyolan. Dalam keterangannya, 8shit juga mengaku bahwa situsnya hanyalah website satir dan juga bercandaan.

Neski demikian, hoax yang sudah di buat oleh 8shit setidaknya berhasil memperdaya banyak netizen. Tidak sedikit justru yang mempertanyakan apakah isu itu benar ataupun tak.

Hoax! Screenshot Pesan WhatsApp Dapat Ketahuan Penggunanya
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *