Jangan Sepelekan Bakteri yang Ada Pada Uang

Banyak dari kita yang dengan enteng akan langsung memegang makanan sesaat setelah sebelumnya memegang uang. Padahal, berdasarkan ahli kesehatan hal ini dapat membuat bakteri-bakteri dari uang meluas kedalam makanan yang kita konsumsi. Tanpa kita menyadari, uang termasuk dalam benda yang mempunyai jumlah bakteri yang cukup banyak. Tidak cuma sebab dipegang oleh banyak orang, uang pun juga sering kali di tempatkan di sembarangan area hingga terpapar bakteri dengan cukup sering.

Sebuah penelitian pun di lakukan di Hongkong untuk dapat mengetahui seperti apa sih kondisi bakteri yang terdapat pada uang kertas. Jun Li dan juga timnya pun lalu mengumpulkan sejumlah uang kertas. Setelahnya, mereka pun juga mengambil sampel dari bakteri yang berada di tangan manusia, udara di stasiun, dan juga di dalam air minum. Setelah seluruh sampel ini dianalisa, kemudian Jun Li menyuimpulkan bahwa uang kertas faktanya mempunyai kandungan bakteri yang sungguh luar biasa, yakni jauh lebih banyak dari pada sampel-sampel yang lain.

Yang cukup mengkhawatirkan yakni, 36 % dari total bakteri didalam uang kertas faktanya berpotensi patogen ataupun dapat mengakibatkan beberapa jenis penyakit. Misal contoh, bakteri berbahaya seperti e.Coli ataupun colstridium defficile pun juga dapat di temukan pada uang kertas. Tidak cuma itu, jumlah bakteri yang resistensi terhadap antibiotik di uang kertas pun juga cenderung lebih banyak kalau dibanding dengan sampel-sampel yang lain.

Berdasarkan Jun Li, uang kertas faktanya mempunyai kemampuan menyerap bakteri dan juga andai disentuh dengan tangan, bakteri-bakteri ini dapat dengan mudah meluas ke tangan kita. Yang menjadi masalah yakni, uang ini dapat saja berasal dari tangan-tangan orang kotor, benda ataupun kawasan yang tak sehat yang dapat memicu datangnya beragam macam penyakit. Melihat adanya fakta tersebut, ada baiknya kita seringkali mencuci tangan setelah memegang uang supaya menahan paparan bakteri penyebab penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *