Ministroke Bisa Berkembang Jadi Demensia

Ministroke yakni jenis stroke yang telah berlangsung selama beberapa menit. Ada Penelitian baru menunjukkan efek ministroke dapat berkembang lebih serius ke arah demensia.

Stroke adalah penyebab penting kematian di negara Amerika Serikat. Serangan iskemik transien ini bisa terjadi saat arteri tersumbat gumpalan darah.

Sebesar 25-30 % orang yang mengalami stroke iskemik bisa berkembang menjadi kerusakan kognitif vaskular ataupun kerusakan pada pembuluh darah yang memicu penyakit demensia. Ministroke pun juga disebut microinfarcts kortikal mengakibatkan pembuluh darah menjadi tidak normal 0,05-3 milimeter (mm).

Penelitian dari Medical University of South Carolina berhipotesis bahwa ministroke akan memengaruhi fungsi otak pada skala yang lebih besar dan juga itu bisa di tunjukkan secara histologis ataupun scan MRI. Tim yang di pimpin Andy Shih, asisten dari profesor ilmu saraf di MUSC tadi mempublikasikan temuannya ini di the Journal of Cerebral Blood Flows and Metabolism.

Shih memakai obyek tikus dalam percobaannya untuk memelajari efek dari micro infarcts pada jaringan kortikal selama beberapa pekan dan setelah tikus mengalami ministroke. Peneliti memakai photothrombosis – sebuah teknik dari eksperimental yang di kembangkan pada 1985 – dan juga menganalisis otak tikus itu.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *