Olahraga berskala intens umumnya tak akan dianjurkan pada orang-orang yang sebelumnya pernah sembuh dari penyakit mematikan kanker payudara.

Ini disebabkan olahraga berat seperti angkat beban dapat memicu lymphedema ataupun kondisi di mana kedua tangan serta kaki membengkak.

Tetapi sebuah penelitian yang di lakukan oleh Lynn Panton, seorang profesor dari jurusan exercise science di universitas Florida State University, Amerika Serikat menunjukan hasil bertolak belakang dengan pemikiran itu.

Seperti dimuat situs Ideafit, Hari rabu (25/1/2017), penelitian yang sudah di publikasikan dalam Supportive Care in Cancer serta IDEA Fitness Journal ini telah melibatkan 27 peserta perempuan yang sudah sembuh dari penyakit kanker payudara.

Seluruh peserta diharuskan melaksanakan olahraga berskala sedang ke intens yakni angkat beban serta beberapa yang lain yang tak jauh bertentangan dengan gerakan penguat badan ini.

Setelah berolahraga selama 6 hari minggu, pembengkakan mengecil pada 3 peserta. Sisanya sama sekali tak menunjukan adanya tanda-tanda pembengkakan dari awal sampai akhir.

Tak menderita lymphedema sama sekali, sebagian peserta malah merasa olahraga ini sudah menolong mereka merasakan kekuatan yang belum pernah di rasakan sebelumnya dan merasa lebih senang mengaktifkan aktivitas lain dalam keseharian masing-masing.

Olahraga Angkat Beban Dianjurkan Untuk Pejuang Kanker Payudara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *